MASIH BANYAK SISI-SISI PENDIDIKAN YANG PERLU DIUNGKAP

Selasa, 28 Oktober 2008

KE SEKOLAH....... SAMBIL MOMONG

Guru-guru sekolah di desa memang harus penuh toleransi dan persuasif. Tidak boleh disamakan dengan sekolah di kota. kadang-kadang masih ditemui siswa kelas 3 berangkat ke sekolah sambil membawa adiknya sekitar usia 3 tahun.
Sampai di sekolah para bapak/ibu guru heran kok ada anak kecil ada di sekolah. Setelah ditanyai oleh salah seorang guru:"Siapa ini anak-anak?". Salah seorang siswa menjawab:"Ini adikku bu!". "Kenapa kau ajak ke sekolah'", tanya bu Guru. "Ayah dan Ibu sudah berangkat ke sawah pagi-pagi sekali, karena sekarang sudah waktunya panen sehingga ikut membantu pemilik sawah dan rumah sudah kosong," jawabnya.
Melihat situasi yang demikian akhirnya atas ijin guru tersebut si adik disuruh bermain-main diluar kelas, si kakak tetap mengikuti pelajaran didalam kelas. Tetapi suatu saat si kakak keluar kelas untuk melihat si adik sedang apa, sehingga sedikit banyak mengganggu konsentrasi belajar si kakak. Namun para guru tidak mampu berbuat untuk mencegah atau menyuruh pulang siswa tersebut tapi ikut tersenyum walaupun senyum kecut
.

Tidak ada komentar: