MASIH BANYAK SISI-SISI PENDIDIKAN YANG PERLU DIUNGKAP

Selasa, 14 Oktober 2008

KALENG BEKAS JADILAH UNTUK CARNAVAL


Sebenarnya melihat semangat anak-anak sekolah cukup tinggi. Hal ini terlihat dari kegiatan carnaval yang dilaksanakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI mereka terlihat antusias sekali sebab acara ini sekaligus sebagai ajang unjuk kebolehan walaupun untuk mengikutinya tentunya butuh biaya yang menurut ukuran mereka tidaklah kecil sebagaimana pendapatan masyarakat desa yang terbatas, dimana untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari saja kadang-kadang masih sulit.
Namun begitu kegiatan carnaval diadakan mendadak mereka antusias sekali baik anak maupun orangtuanya hal ini terlihat dari jumlah murid yang ikut carnaval sangat besar jumlahnya hampir-hampir 90% dari kelas 4, 5 dan 6 di suatu SD sehingga cukup menyibukkan para guru sekolah karena paling tidak harus membuat konsep yang jelas apa yang hendak ditampilkan baik bentuk maupun disain carnaval.
Termasuk sekolah juga harus membackup biayanya sebab megharapkan biaya sepenuhnya dari para orang tua tentu tidaklah cukup agar dapat tampil dengan tidak mengecewakan penonton di jalan. Disamping itu dapat sekaligus sebagai ajang promosi khususnya bagi sekolah sehingga pada tahun yang akan datang dapat menarik minat calon murid baru.
Ada kejadian yang cukup unik dari penampilan anak-amak murid SD Sebanen 02 Kec. Kalisat Kabupaten Jember, dimana sebenarnya mereka ingin tampil dengan grup marching band yang hebat tetapi sekali lagi karena keterbatasan sebagaimana yang disebutkan diatas maka mereka tetap tampil sebagimana layaknya marching band tapi peralatan yang digunakan cukup sederhana yaitu dari kaleng bekas, tapi karena semangatnya mereka dapat acungan jempol dari masyarakat desa walhasil menurut Kepala Sekolah berakibat naiknya jumlah anak yang mendaftar disekolah tersebut.

Tidak ada komentar: