MASIH BANYAK SISI-SISI PENDIDIKAN YANG PERLU DIUNGKAP

Minggu, 19 Oktober 2008

NASIB GRUPBAND YANG MISKIN SARANA


Untuk meraih kesempatan meniti karir sampai puncak tentulah banyak hal-hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Saya mencoba bercerita sedikit tentang nasib sebuah grup band yang saya ketahui bahwa sebenarnya para personil grup tersebut memiliki greget atau semangat yang tinggi untuk menapak karirnya.
Para personilnya terdiri dari 6 orang pemuda yang saat ini masih sekolah dan dibentuk pada 2007 mereka mencoba berkiprah di blantika musik yang penuh persaingan dewasa ini. Dengan mengambil genre pop rock 6 pelajar tersebut yang terdiri dari Septa sebagai vokalis Obed pemegang gitar 1, Kiky pemegang gitar 2, Bobby sebagai basist, Kahar pemegang keybord dan Danil sebagai drumer cukup percaya diri memilih nama Psysho Band dengan home base dari Kecamatan Kalisat, suatu kota Kecamatan di Kabupaten Jember-Jawa Timur sekitar + 1000 km lebih dari Ibukota Jakarta sebagai pusat musik.
Saya katakan miskin sarana sebab untuk tampil mereka harus sewa peralatan musik yang belum mampu terbelinya (….. gimana mampu masih sekolah??) kemampuan orang tuanya juga terbatas. Jadilah untuk setiap penampilan baik di pentas ataupun sudah pernah beberapa kali di pub/cafĂ© harus memakai peralatan band milik orang lain.
Namun hebatnya mereka tetap percaya diri bahkan pernah mengikuti Audisi agar ciptaan lagu mereka bisa direkam oleh perusahaan rekaman dan mengikuti Audisi sebagai Band Indie JTV Sidoarjo.
Masih dengan keterbatasanya tersebut beberapa lagu telah berhasil diciptakan antara lain Biarkan aku pergi, Semangat Bangsa, Cinta Abadi, Selamat Jalan, Luka dan Ciuman Pertama. Ada cerita sedih ketika asyik-asyiknya mencipta lagu seorang teman cewek satu sekolahan yang akrab dengan mereka meninggal dunia akibat kecelakaan sehingga terciptalah lagu Selamat Jalan untuk mengenangnya. Demikianlah tulisan ini saya buat untuk mendorong mereka lebih maju lagi, bagaimanapun tidak ada seorangpun yang mampu meramal untuk melihat jauh ke masa depan tentang keberadaan grup band ini. Tapi mereka perlu didorong agar percaya bahwa sesuatu yang besar itu berasal dari kecil. Akhirnya tentulah waktu nanti yang akan menjawabnya, karena merekapun masih harus memilih apakah tetap di jalur musik atau pekerjaan lainnya yang lebih menjanjikan.

Tidak ada komentar: